Gonggong
 
Gonggong atau Siput laut merupakan makanan khas masyarakat di Kepulauan Riau. Penganan ini biasanya diolah dengan cara direbus lalu dimakan dengan sambal khusus. Hewan laut ini banyak terdapat di Desa Lobam,Tanjung Uban, Pulau Bintan,dan Batam.Gonggong adalah salah satu makanan seafood tervaforit di Kepulauan Riau yang sudah terkenal hingga ke Negara tetangga seperti Singapore,Malaysia,Korea,Thailand hingga India karena rasa dan aromanya yang khas.Gonggong memiliki kandungan gizi yang tinggi bahkan gonggong dipercaya mampu merangsang pertumbuhan hormon serta meningkatkan vitalita. Salah satu keunikan dalam menyantap gonggong adalah dengan menggunakan tusuk gigi untuk menarik keluar daging gonggong.

Terempa
Mie Tarempa atau Mie Siantan berbahan mie kuning dari tepung terigu,telur,kecambah dan potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu  cabe serta kecap.Mie Tarempa sangat cocok untuk menu sarapan pagi.Mie khas ini sangat mudah ditemui jika anda berada di Kepulauan Anambas. Namun, anda tidak perlu jauh-jauh kesana untuk menikmatinya. Di tanjung Pinang ada satu tempat yang sudah sangat terkenal, yakni Kedai Kopi  Selera Bintan di Jl.Basuki Rahmat.

Lempok Durian
Lempok Durian adalah sejenis dodol yang dibuat dari buah Durian Siantan yang lezat. Penganan Khas Anambas ini memilki rasa yang khas dan lebih legit jika dibandingkan Lempok Durian asal Sumatera ataupun Kalimantan.Pembuatan lempok ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat dengan teknologi sederhana. Untuk mendapatkannya, anda bisa membelinya di sejumlah kedai makanan yang tersebar di Kota Tarempa atau Letung.

Lakse
Lakse adalah makanan sejenis mi yang di campur dengan bumbu racikan khas Tionghoa dan Melayu.Lakse memiliki bentuk mie bulat putih dan sedikit tebal.Nama Lakse diambil dari  bahasa Sansekerta yang mempunyai arti banyak, menunjukan bahwa mi Lakse dibuat dengan berbagai bumbu. Lakse khas Anambas masuk dalam kategori Lakse Kari.Kuahnya yang lemak dan pedas kaya akan rempah,dijamin enak dan membuat anda ketagihan untuk mencoba lagi.

Kerupuk Atom
Makanan renyah khas Anambas ini terbuat dari ikan tongkol. Rasanya yang lezat nan gurih ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai cemilan maupun teman makan anda. Di kota Tarempa atau Letung , penganan ini bisa diperoleh di kedai-kedai kelontongan atau langsung ke tempat membuatnya.

Teh Tarik
Teh Tarik adalah minuman khas Kepri yang umumnya diracik oleh mereka yang beretnis India.Minuman ini berupa teh yang diberi susu kental manis yang dituangkan dari satu gelas ke gelas lainnya (ditarik). Dalam proses penarikan ini, kandungan-kandungannya teh dan susu mrenjadi semakin tercampur rata dan aromanya juga keluar.Selain itu proses penarikan juga membantu mendinginkan suhu minuman dan memberikan lapisan busa lembut di bagian atasnya yang terbentuk. Tidak sulit untuk menemukan Teh Tarik di Kepulauan Riau.

Teh Tarik

Kopi
Minuman berwarna hitam pekat ini sangat pas apabila dihidangkan panas.Kopi Kepulauan Riau dipersiapkan dari biji tanaman kopi pilihan yang dipanggang.Salah satu produk yang terkenal adalah Kopi Kapal Tengker,produksi Batam. Rasa kopi ini dirasa unik oleh penikmat kopi yang berwisata ke Kepulauan Riau. Bahkan,kopi Kapal Tengker dijadikan oleh-oleh khusus oleh para wisatawan pecandu kopi. Anda akan menemukan kenikmatan minum kopi yang terasa beda apabila anda menikmatinya di kedai kopi pada pagi atau sore hari.

Sup Ikan Batam
Salah kuliner Khas batam yang patut anda cicipi ketijka anda berkunjung ke Batam adalah Sup Ikan. Sup Ikan yang berbahan ikan Tenggiri atau yang lebih dikenal dengan Sup Ikan Batam termasuk kategori clear soup atau sup dengan kuah yang cenderung jernih dengan cita rasa gurih dan asam segar.Menikmati Sup Ikan Batam akan lebih nikmat  jika anda menambahkannya dengan perasan air  jeruk nipis serta beberapa tetes kecap asin.Jika anda menyukai rasa pedas, anda juga bisa menambahkan ranjangan cabai rait ke dalam sup ikan. Kombinasi rasa asam,pedas dan disertai dengan kuah yang hangat akan menyegarkan badan anda.

Otak-Otak
Siapa yang tak kenal otak-otak? Makanan Khas Indonesia ini punya bentuk dan macam yang beragam.Nah,kalau anda ingin otak-otak khas Kepulauan Riau,Maka kurang afdol kalau anda tidak mencoba otak-otak yang terkenal dari daerah Kijang di Pulau Bintan.Otak-otak khas daerah Kijang ini sedikit berbeda dengan otak-otak yang berasal dari Jawa atau Sulawesi yang memakai bumbu kacang.Otak-otak khas daerah Kijang ini tidak memakai kuah.

Teh Obeng
Bagi anda yang baru pertama berlibur ke Kepulauan Riau jangan kaget apabila anda tidak akan menemukan Es Teh Manis dalam daftar menu yang ditawarkan oleh kedai  atau restoran, namun yang anda temukan adalah Teh Obeng.Ya,anda akan berfikir bahwa Teh Obeng adalah teh yang menggunakan obeng untuk mengaduknya. Istilah Teh Obeng sendiri bahasa Tionghoa yang berasal dari kaata "Peng" berarti Es. Namun kebanyakan masyarakat melayu lebih sering menyebutnya "Beng".Rasa teh obeng ini sendiri sama halnya dengan es teh manis kebanyakan.

Ikan Bakar
Bagi anda penggemar kuliner Seafood,maka anda wajib mencoba kuliner andalan di Kepulauan riau, yakni Ikan Bakar.Jika pada umumnya bumbu ikan bakar adalah kecap, maka ikan bakar di Kepulauan Riau adalah menggunakan kunyit dan bawang Putih. Jadi jangan heran jika jari-jari tangan anda akan berwarna kuning nantinya .Perpaduan rempah-rempah tersebut membuat kulit ikan terasa gurih dan renyah. Banyak pilihan jenis ikan yang di tawarkan,yakni ikan selar, bawal, pari dan masih banyak lagi. Rasa ikan bakar pun akan semakin nikmat dengan paduan pedasnya sambal belacan.

Kue Batang Buruk
Filosofi “Biar pecah Dimulut jangan Pecah Ditangan” mengammbarkan bagaimana seorang bangsawan beretika yang baik ketika makan. Apabila seorang bangsawan terburu-buru dan ceroboh ketika  mencicipi sebuah penganan, maka mencerminkan betapa buruknya tingkah laku bangsawan tersebut.Inilah sebuah pesan bijak dari sebuah penganan kalangan bangsawan melayu bernama Kue Batang Buruk. Nama boleh buruk, tetapi cita rasanya yang lezat akan membuat anda ketagihan.

Kue Deram-Deram
Banyak yang tidak mengetahui makanan khas Tanjung Pinang yang satu ini, Deram namanya.Deram merupakan kue tradisional khas Melayu yang banyak terdapat di tanjung Pinang khususnya Pulau Penyengat.Kue Deram-Deram ini bentuknya seperti donat dengan lubang di tengah.Hanya saja ukuranya lebih kecil dan tentu cita rasa yang dihasilkan berbeda.

Kue Bilis Gulung
Di Kepulauan Riau, Kue Bilis Gulung ini biasanya biasanya dinikmati masyarakat Kepulauan Riau sebagai cemilan sore atau teman menonton televisi. Rasanya yang  gurih dan enak ini   ternyata juga bisa tahan lama hingga beberapa bulan,sehingga cocok dijadikan buah tangan.Rasanya yang renyah dan gurih dijamin membuat anda ketagihan.

Kopi Hawaii
Bagi anda yang penikmat kopi, maka kopi Hawaii patut dicoba.Kopi yang diramu khusus oleh warga Tionghoa ini memiliki cita rasa dan aroma yang membuat anda tidak akan pernah melupakan kopi ini. Kopi Hawaii hadir sejak tahun 1968 di Kelurahan Kota Kijang, Kabupaten Bintan. Kedai Kopi Hawaii beralamat di Jl Pasar Berdikari no 117 Kelurahan Kota Kijang,Kabupaten Bintan.

Kek  Pisang Villa
Bagi anda yang ingin berwisata ke kota Batam, maka anda wajib mencoba oleh-oleh khas Batam yang satu ini yakni Kek Pisang Villa. Penganan yang satu ini memiliki variasi rasa yang sangat menarik yaitu:Blackforest,Bluebery,Cheese,Coconut,Mixfruit,Mocha, dan Original. Dengan kemasan yang menarik,serta rasanya yang enak, Kek Pisang Villa ini bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga, kolega, tetangga, serta atasan anda.

Related Post :

Artikel Rekomendasi

Berita Online Okezone

Kumpulan Cerita Motivasi | Artikel Motivasi

ShoutMix chat


ShoutMix chat widget

Popular Pos 2